Jokowi Resmikan SPAM Wae Mese II Labuan Bajo Senilai Rp159 Miliar

Presiden Jokowi meresmikan SPAM Wae Mese II, di Kabupaten Manggarai Barat, NTT. (Setkab)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 22 Juli 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) Wae Mese II di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menukil dari keterangan resmi Sekretariat Presiden, Jumat (22/7/2022), SPAM Wae Mese II merupakan bagian dari penataan infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo.

Ketika meninjau SPAM Wae Mese II, Jokowi mengatakan bahwa penataan Labuan Bajo harus dilakukan secara terintegrasi, mulai dari penataan kawasan hingga ketersediaan listrik dan air.

"Dari airnya, ketersediaan listriknya, penataan kawasan semuanya terpadu, sehingga kebutuhan-kebutuhan yang ada bisa dipenuhi," kata Jokowi.

SPAM Wae Mese II sendiri dibangun dengan nilai investasi mencapai Rp159 miliar. SPAM yang dibangun pada tahun 2020 ini bermanfaat untuk menyediakan kebutuhan air minum masyarakat di Labuan Bajo sebanyak 8.000 sambungan rumah atau setara dengan 40 ribu jiwa.

Kepala Negara memandang bahwa pengembangan Labuan Bajo perlu dilakukan secara terpadu, karena terjadi peningkatan investasi di Labuan Bajo utamanya di bidang perhotelan.

Baca Juga: Jokowi Resmikan SPAM Wae Mese II Labuan Bajo Senilai Rp159 Miliar
Para Pengusaha Antusias dengan Hadirnya Kawasan Industrial Park Indonesia

"Saya melihat ada peningkatan investasi utamanya hotel-hotel yang sangat banyak di Labuan Bajo ini," tambahnya.

Sebelumnya, Jokowi juga telah meresmikan sejumlah infrastruktur pendukung pariwisata lain di Labuan Bajo seperti perluasan bandara, penataan kawasan di Pulau Rinca, penataan kawasan Marina Labuan Bajo, dan sistem pengelolaan sampah Warloka.

Penataan tersebut, kata Jokowi, merupakan upaya pemerintah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Kita ini masih memiliki pekerjaan membangun jalan, memperlebar jalan agar tujuan akhir dari penataan seluruh kawasan yang ada adalah kesejahteraan masyarakat di NTT, khususnya di Manggarai Barat, lebih khusus di Labuan Bajo," pungkas Jokowi saat meresmikan Penataan Kawasan Marina Labuan Bajo dan Sistem Pengelolaan Sampah Warloka.

Video Terkait