Otoritas Cina Peringatkan Suhu Tinggi, Bisa Lebih dari 40 Derajat Celsius

Ilustrasi cuaca panas. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Senin, 11 Juli 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Observatorium Nasional Cina mengeluarkan peringatan oranye untuk suhu tinggi. Gelombang panas tengah melanda wilayah yang luas di negara itu.

Mengutip Straits Times, Senin (11/7/2022), sebagian Shaanxi, Anhui, Jiangsu, Shanghai, Hubei, Hunan, Jiangxi, Zhejiang, Fujian, Chongqing, Guizhou dan Yunnan, serta Daerah Otonomi Uygur Xinjiang diperkirakan akan mengalami suhu setinggi 37 hingga 39 derajat Celsius.

Pusat Meteorologi Nasional mengatakan bahwa beberapa bagian wilayah tersebut, suhu bahkan dapat melebihi 40 derajat Cesius.

Karena suhu tang tinggi ini, pusat meteorologi menyarankan orang untuk mengambil tindakan perlindungan yang diperlukan terhadap gelombang panas. Mereka juga menyarankan agar masyarakat menghindari aktivitas di luar ruangan selama periode suhu tinggi.

China memiliki empat tingkat, sistem peringatan cuaca berkode warna, dengan merah mewakili yang paling parah, diikuti oleh oranye, kuning dan biru.

Baca Juga: Otoritas Cina Peringatkan Suhu Tinggi, Bisa Lebih dari 40 Derajat Celsius
BMKG: Waspada Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia

Suhu panas mempengaruhi sebagian besar daerah di Cina. Penyebab langsung dari suhu tinggi yang ekstrem di banyak tempat di seluruh negeri adalah dua antisiklon besar.

Subtropis Pasifik Barat dari laut dan yang terbentuk di Dataran Tinggi Iran telah bermigrasi ke Dataran Tinggi Qinghai-Xizang (Tibet), menurut ahli cuaca anonim yang dilaporkan oleh Global Times.

Video Terkait